HYIP? Apa sih itu?

HYIP adalah singkatan dari High-Yield Investment Program, atau bila di bahasa Indonesia-kan lebih kurang "Program investasi dengan hasil yang tinggi". Hasil yang tinggi? Ya, karena kalau dinalar atau dipikir secara logis memang agak tidak masuk akal, baik dari bunga yang didapat maupun besaran minimum dana yang diinvestasikan.

Lebih lanjut, HYIP menurut beberapa sumber termasuk Wikipedia adalah program berbasis Skema Ponzi. Skema Ponzi (Ponzi Scheme) bila terjemahkan menggunakan bahasa awam yaitu skema dimana investor awal mendapatkan keuntungan dari pembayaran investor berikutnya. Misalnya, saya berinvestasi US$100 dan dijanjikan akan mendapatkan bunga 70% dalam satu bulan. Lalu Anda berinvestasi dengan modal yang sama dengan saya. Maka keuntungan 70% yang saya dapatkan itu berasal dari investasi yang Anda dan orang-orang lain yang berinvestasi setelah Anda. Istilahnya yang investasi belakangan dipakai untuk membayar investor sebelumnya.

Skema Ponzi semacam ini bisa bertahan lama bisa dikelola dengan benar, meskipun Skema Ponzi ini sebenarnya memang berbau penipuan dan pasti berujung penipuan alias apa yang kita tanamkan tidak kembali sebagian bahkan tidak kembali seluruhnya.

Jadi apakah Anda masih berminat bermain di HYIP? Silahkan baca pencerahan selanjutnya :D

0 Comments »

Leave a comment

ayume use:

Powered by Blogger. Theme: TheBuckmaker, Kredit online, Tyrol. Converted by Wordpress To Blogger for WP Blogger Themes